Gede on Writing

Senin, Desember 07, 2009

Quantum Qurban

Istilah zarrah atau “seberat biji sawi” dalam Al Qur’an bisa dimaknai sebagai atom, bisa juga substansi kecil di dalam atom itu, yakni elektron. Seperti seorang pesenam di arena olimpiade, elektron pun bisa loncat sana loncat sini. Bahkan ia mampu menembus dinding atau pelat baja sekalipun. Loncatan dahsyat elektron yang kemudian disebut Quantum Leap ini akhirnya memajukan dunia telekomunikasi, informasi, dan energi. 

Dukungan terhadap Bibit dan Chandra (KPK, yang akhirnya bebas) oleh komunitas dunia maya, seperti FB-ers juga mencirikan efek Qantum Leap karena dalam tempo singkat dapat menggoyang selaput kelabu otak dan jaringan hati (qalbu) FB-ers sehingga jejarinya begitu ringan untuk mengklik “dukungan” hingga sejuta “orang”. Kesatuan hati dengan aliran elektron qalbu terbukti mampu menjelajahi relung hati yang terdalam dari FB-ers. 

Inilah fakta bahwa elektron qalbu dapat ber-Quantum Leap ke semua FB-ers karena dilandasi oleh elektron empati, merasa senasib lantaran dizalimi oleh polisi dan jaksa. FB-ers merasa seolah-olah energi penzaliman itu terjadi pada dirinya, melebur dalam kesatuan massa sehingga spontan menghasilkan impuls dan momentum. 

Bayangkan, satu cicak seberat 10 gram, kalau dikumpulkan sejuta cicak tentu masanya menjadi buuueeesaaar dibandingkan buaya yang cuma 500 kg. Bagaimana dalam Qurban pada Hari Idul Adha ini? Persis seperti elektron di dalam atom atau “cicak” mungil dalam kasus KPK vs Polri (Jaksa). Kecepatan foton (cahaya) sebagai limit kecepatan di alam ini berkelebat secepat kilat dalam proses pengurbanan. 

Ada hadis yang jelas menyatakan bahwa sebelum darah hewan kurban itu menyentuh tanah, pahala dari Allah sudah sampai lebih dulu kepada orang-orang yang berkurban. Maka, fenomena ini, mungkin sudah tidak cocok lagi disebut Quantum Leap, tetapi Super-Quantum leap. Bayangkan, leher hewan kurban dan dasar tanah di dalam lubang penampung darah jaraknya kurang dari 30 cm saja, meskipun sudah ada gaya gravitasi, tetap saja aliran pahala dari Allah lebih cepat ketimbang tetesan darah hewan kurban itu mencapai tanah. 

Inilah Superquantum Leap versi qurban atau Quantum Qurban. Sungguh luar biasa energi pahala dalam Quantum Qurban (QQ) yang mengelilingi orang-orang yang berkurban. Selamat Idul Adha, selamat berkurban, semoga tidak menjadi korban orang-orang yang mengorbankan hidup akhiratnya demi hidup dunianya.**