Gede on Writing

Kamis, Juni 22, 2006

Belia, Nge-Blog Yuk! (edisi revisi)

Kamu anak SMA, SMP? Kalau ya berarti kamu belia. Kamu ingin menulis? Ingin ketagihan menulis atau mengarang? Salah satu caranya adalah punya blog. Blog bakal "mewajibkan" kamu terus menulis sehingga lama-lama kamu terbiasa menulis atau mengarang. Nanti, ketika harus membuat skripsi atau tugas-tugas sekolah dan kuliah, kamu akan lancar-lancar saja. 

Blogger.com 
Blog mirip dengan buku harian kamu. Buku harianmu berupa kertas, blog berupa ‘kertas’ kaca di monitor komputer. Sama-sama lembaran yang bisa ditulisi apa saja. Bedanya, di blog kamu bisa memajang fotomu tanpa lem dan bisa diedit sesukamu. 

Bedanya lagi, blog adalah diary kamu yang rela kamu bagikan ke semua orang di Bumi ini. Siapa saja bisa membaca catatan harianmu dan bisa pula mengomentarinya jika kamu izinkan ada perangkat ‘comment’. Jika tak suka ada komentar, bisa kamu setting ‘no comment’, gunakan saja opsi Hide, sembunyikan. Sebelum lanjut ke tatacara membuat blog, di dunia maya ada banyak penyedia layanan blog. Di sini dibahas satu saja, yaitu servis dari Blogger.com. 

Mudah langkahnya. Setelah koneksimu ke internet siap, kamu bisa memulainya dengan mengetik http://www.blogger.com. Setelah itu kamu dituntun masuk ke ‘pekarangan rumah’ Blogger.com. Di sini tertulis ‘Create a blog in 3 easy steps: (1) Create an account, (2) Name your blog, (3) Choose a template. Inilah tiga langkah dasarnya: membuat ekaun alias rekening, menamai blog, dan memilih ‘kertas’ tulis. 

Di bawahnya kamu temukan tulisan CREATE YOUR BLOG NOW. Kliklah dan tunggu sebentar. Sesaat kemudian muncullah formulir yang harus kamu isi. Tulislah Username dengan nama yang kamu sukai dan mudah diingat. Setiap akan masuk ke blog, kamu harus menuliskan Username itu. Jadi, harus diingat, jangan sampai lupa. 

Berikutnya adalah mengisi Password. Isilah dengan kata rahasia yang hanya kamu yang tahu atau orang yang kamu percayai saja yang tahu. Simpan yang baik di bukumu, di HP-mu atau di mana saja asalkan bisa kamu dapatkan dengan mudah jika kamu lupa password-nya. Hati-hati jangan sampai diketahui orang lain, sebab blogmu bisa di-update atau malah di-delete. 

Kemudian kamu disuruh mengetik ulang Password tersebut di baris Retype Password. Ini semacam penegasan apakah password-mu betul atau salah. Di baris Display Name isilah dengan namamu. Lalu masukkan alamat e-mail kamu di baris di bawahnya. Teruskan dengan menyetujui aturan Blogger.com dengan mengisi ceklis di Acceptance of Terms. 

Terakhir, tekanlah Continue. Tuntaslah tahap satu. Tahap dua juga mudah. Isilah Blog title dengan nama atau kata sesuka hatimu. Buatlah nama yang khas dan jelas agar mudah diingat. Lalu isilah alamat blog (Blog address). Misalkan namamu Yulianto, alamatnya: http://yulianto.blogspot.com. Tapi kamu cukup menulis yulianto saja di baris yang tersedia. Yang lainnya sudah disediakan oleh Blogger.com. Begitu pun kalau namamu Yulianti, kamu cukup menulis yulianti saja. Selanjutnya kamu akan melihat sederetan huruf, namanya Word Verification. Salinlah huruf itu lalu klik Continue. Baris Advanced Setup diabaikan saja. Kini kamu tiba di tahap tiga, yaitu memilih ‘kertas’ halaman blog atau template. 

Ada banyak opsi tapi tak usah pusing-pusing. Pilihlah satu tanpa ragu. Belakangan hari bisa kamu ganti lagi kalau merasa tak cocok. Nanti kamu pun bisa ‘mengimpor’ template dari penyedia layanan template setelah terbiasa dengan blog. Setelah ‘kertas’ blog-mu selesai, kliklah Continue. Dua-tiga detik kemudian muncul pemberitahuan bahwa blog-mu sudah oke: Your blog has been created. Kini kamu resmi punya ‘buku’ harian di dunia maya yang bisa ditulisi. Kliklah Start Posting, maka kamu sudah bisa mulai menuliskan jalan hidupmu, cerpenmu, atau opinimu tentang sekolah, sampah, dan pemerintah. 

Selanjutnya adalah pengelolaan blog yang bisa dilakukan sambil nge-blog. Sebagai contoh, kamu bisa lihat blog-ku di http://gedehace.blogspot.com. Blog ini adalah media berbagi dan diskusi tentang Writing, Water, Waste alias seluk-beluk tatatulis, air, dan limbah. 

Atau, kalau kamu mau baca perihal blog yang ditulis sangat awal di Indonesia, kamu bisa baca http://enda.goblogmedia.com/apa-itu-blog.html Bisa juga ke http://blogpedia.web.id/wiki/Apa_Itu_Blog. Jadi, tunggu apa lagi? Ayolah Belia, gunakan blog untuk berbagi ilmu lewat tulisan dengan siapa saja di Bumi ini. Blog adalah komunitas masa kini, dan pasti masa depan! * Gede H. Cahyana